.post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Sunday 16 October 2016

SANGHA DANA BULAN KATHINA 2016 WIHARA AMITABHA BATAM

Sehari setelah Asalha Puja, para Bhikkhu memasuki masa vassa, dimana merupakan waktu bagi para Bhikkhu yang mengambil Adhitthana vassa melaksanakan pelatihan spiritual dengan baik di sebuah tempat, selama 3 bulan.

Tiba lah di bulan Oktober setelah tiga bulan tsb, di Bulan Oktober ini, menjadi ladang yang sangat baik bagi umat Buddha merayakan Khatina. Perayaan Kathina merupakan perayaan dimana umat akan mempersembahkan dana kepada para Bhikkhu atau Bhikkhuni yaitu berupa empat kebutuhan pokok (makanan-minuman, jubah/pakaian untuk bhikkhu/bhikkhuni, obat-obatan, dan tempat tinggal). 
Dalam perkembanganya persembahan atau dana dapat disesuaikan dengan kebutuhan.Persembahan ini sebagai bentuk dari katanukatavedi dari umat kepada Sangha yang telah melaksanakan pelatihan diri, menjaga Dharma senantiasa lestari.

Adalah hal yang patut disyukuri di Wihara Amitabha Batam tahun ini tetap berkesempatan menyelenggarakan Sangha Dana di Bulan Kathina ini. Sangha Dana bulan Kathina ini dihadiri oleh YM. Bhikkhu Pannapadipo Thera dan YM. Bhikkhu Thirasobhano,

Sekitar 400 umat dengan khusuk melaksanakan Puja Bhakti Sangha Dana Kathina ini. Dhammadesana dibawakan oleh YM. Bhante Pannapadipo Thera dimana Bhante menjelaskan kembali tentang pentingnya berdana beserta manfaatnya untuk kehidupan kita.

Semoga Kathina ini membawa manfaat bagi kehidupan kita dan bagi semua makhluk. Sadhu... Sadhu... Sadhu...

No comments:

Post a Comment