.post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Sunday 15 May 2016

Baby Blessing Wbi Kepri di Wihara Amitabha Batam pada hari Minggu tanggal 15 Mei 2016.

Baby Blessing Wbi Kepri di Wihara Amitabha Batam pada hari Minggu tanggal 15 Mei 2016.
Baby Blessing adalah salah satu bentuk dukungan spiritual untuk anak balita yang akan menerima pemberkahan dari anggota Sangha sebagai bentuk penanaman benih Dharma sejak kecil dengan harapan kelak dapat tumbuh jadi anak yang baik, berbakti kepada orang tua dan selalu maju dalam Dhamma.

Baby Blessing diberikan oleh YM. Bhikkhu Thira Shobano. Kegiatan ini dimulai dengan melakukan Permohonan Tuntunan Tisarana kepada anggota Sangha oleh anak-anak balita yang akan menerima baby blessing, diikuti bersama oleh orang tua dari masing-masing anak.

Bhante dalam Dhammadesana-nya mengatakan turut berbahagia atas antusias dari orang tua yang mendaftarkan anaknya di Baby Blessing, hal ini semata-mata adalah bentuk rasa cinta dan kasih sayang dari orang tua kepada anaknya, dimana sejak dini berusaha untuk mengenalkan Dhamma kepada anaknya, dgn harapan dapat tumbuh menjadi anak yang baik dan berbakti.

Seperti disebutkan dalam Dhamma bahwa terdapat tiga jenis anak yaitu 
1. Anak yang berkualitas tinggi dari pada orangtua, artinya sang anak lebih tinggi kualitas keyakinannya kepada Tiratana, lebih tinggi kualitas pelaksanaan silanya, serta lebih tinggi kualitas berdana/kedermawanannya.
2. Anak yang berkualitas sama atau sebanding dengan orangtua, artinya kualitas keyakinan, kemoralan dan kedermawanan sang anak sama dengan orangtuanya.
3. Anak yang berkualitas rendah dari-pada orangtua, artinya kualitas anak tentang keyakinan, kemoralan dan kedermawanan lebih rendah daripada orangtuanya.

Memang perlu dimaklumi bahwasanya anak yang satu berbeda dengan yang lain. Adalah wajar apabila orang tua selalu ingin anaknya lebih berkualitas. Oleh karena itu, sebagai orang tua, mereka melakukan segala hal dengan harapan anaknya dapat menjadi orang yang baik. Tentunya akan lebih baik apabila orang tua dan anak saling mendukung untuk memiliki kualitas batin yang baik.


Pelaksanaan baby blessing ini juga sebagai bentuk dari pemberkahan pernyertaan kebajikan dari orang tua untuk anak agar hidupnya selalu diberkahi dengan ayu, vanno, sukham dan balam., yang artinya umur yang panjang, Kecantikan/ketampanan dengan hidup penuh kesehatan baik, kebahagiaan dan kekuatan.
Sadhu Sadhu Sadhu
Semoga anak-anak selalu berbahagia,

Wihara Amitabha Batam


Text and Posted by: Candy Mudyta





























No comments:

Post a Comment