.post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Sunday 22 May 2016

Penyambutan Detik - Detik Waisak 2560 BE / 2016 di Wihara Amitabha Batam

Penyambutan Detik - Detik Waisak 2560 BE / 2016 
di Wihara Amitabha Batam


Bermula dengan pembacaan Namakara Gatha, kita bersama memulai Puja Bhakti Detik - Detik Waisak dgn penuh khidmat pada jam 03.45 WIB dan menyabut detik-detik pada jam 04.14.06
Dalam menyambut detik-detik Waisak, kita bersama-sama melaksanakan meditasi bersama sembari merenungi 3 peristiwa yang terjadi pada kehidupan Guru Agung Buddha Gotama.
Pada kesempatan ini, Bhante Thirasobhano memberikan pesan waisak siraman Dhamma untuk umat yang hadir. Sesuai tema yang diangkat Sangha Agung Indonesia tentang Transformasi Mental, Bhante mengingatkan bahwa transformasi mental dimulai dari diri masing-masing orang.
Mulai dari merenungi kembali diri kelahiran diri kita sbg manusia.
Begitu besar kebajikan yg sdh pernah kita lakukan, shg di kehidupan ini dpt mengenal ajaran Buddha. Sehingga kita harus terus memupuk kebajikan itu trus menerus.
3 peristiwa waisak, kelahiran buddha, mengingatkan kita betapa jarangnya kelahiran Buddha dan kita hidup dpt mengenal Dhamma.
Pencapain penerangan sempurna dicapai dgn penuh perjuangan, bukanlah dgn begitu saja. Demikian jg dgn hisup ini penuh perjuangan. Orang yg mau maju, yah harus berjuang, tp jgn berjuang yang salah. Seerti hal nya pertapa Gotama awalnya mengikuti pertapaan ekstrim yang tidak membawa manfaat.
Kemangkatan Buddha mengajarkan bahwa hidup ini tidak kekal, bahkan kualitas seorang Buddha pun mengalami kemangkatan.
Demikian Ringkasan Dhammadesana Bhante momen detik2 waisak ini.
Di subuh ini, bersama para umat kita membacakan syair puja hari Waisak dgn penuh perenungan dan penghormatan
Semoga kebajikan yang dilakukan membawa berkah bagi kita semua.
Selamat hari Waisak 2560 BE / 2016 semuanya.
Salam Waisak,







No comments:

Post a Comment